Jumat, 28 Desember 2012

Smart Talk Smart Shopping: Belanja dan Berjualan Online Secara Cerdas


Setiap berselancar di dunia maya, saya selalu menyempatkan diri untuk window shopping di toko-toko online. Senang aja, gitu. Kalau barang yang dijual lucu-lucu, harganya terjangkau, dan kebetulan memang saya butuhkan, saya tidak akan segan membeli. Maklum, sebagai ibu dengan tiga anak (dua di antaranya balita), langkah saya untuk keluar rumah terbatas. Belanja online menjadi salah satu solusi. 

Sayang, beberapa kali saya menelan kecewa saat berbelanja online. Pernah kejadian, barang yang dikirim tidak sesuai pesanan, pelayanan lambat, salah paham soal harga, dan lain-lain. Berangkat dari pengalaman inilah, saya memenuhi undangan Kumpulan Emak2 Blogger untuk menghadiri acara talkshow Smart Talk Smart Shopping yang diadakan oleh Superkids Indonesia. Saya ingin mengetahui tips-tips berbelanja online secara cerdas agar kejadian mengecewakan tersebut tidak terulang lagi.





Sabtu, bertepatan dengan Hari Ibu, 22 Desember 2012, acara yang diselenggarakan di Coffee Cabin, Jalan Gunawarman No.21, Kebayoran Baru, Jakarta, dimulai tepat pukul 10.00 pagi. Ade Sri Purwaningsih, Advertising and Business Development Manager Superkids Indonesia, membuka acara dengan memaparkan profil singkat situs Superkids Indonesia yang resmi diluncurkan tanggal 4 Maret 2012 lalu. Situs ditujukan untuk anak-anak berumur 6-12 tahun dan para orangtua. Di dalamnya memuat artikel pengetahuan umum, kesehatan, gaya hidup, info event menarik, dan games

“Selama ini Superkids Indonesia mengadakan acara untuk anak-anak saja. Smart Talk adalah acara perdana kami untuk para supermoms,” jelas Ade.

Ade Sri Purwaningsih

Suasana acara Smart Talk Smart Shopping

Saya mendengarkan dengan saksama sharing dari Yulia Astuti, Finalis Wanita Wirausaha Femina 2012, tentang pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan saat berbelanja di toko online. Wah, ternyata, sebagian pengalaman ibu muda yang memiliki bisnis Moz5 Salon Muslimah dan produk perawatan kecantikan Moayu ini, mirip dengan saya.

“Modal utama saya berbelanja online adalah trust. Kalau saya baru kali pertama berbelanja di toko online tersebut, biasanya yang saya lakukan adalah membeli barang dalam jumlah yang sedikit dulu,” kata Yulia. Yulia juga melihat pelayanan toko online lambat atau cepat, penjual informatif atau tidak. Nama bank untuk mentransfer pembayaran mesti bank yang familiar.

Yulia Astuti dan MC

Selanjutnya, Edward Killian Suwignyo, Assistant Vice President PT. Multiply Indonesia, berbagi ilmu tentang jual beli online yang aman dan nyaman. Melalui slide-nya, pria yang akrab disapa QQ, menunjukkan data bahwa jual beli online berkembang pesat karena aksesnya semakin cepat. Internet telah mengubah kebiasaan belanja konsumen di Indonesia. Lihat saja kehadiran sejumlah jejaring sosial dan operator telepon, serta munculnya macam-macam gadget. Tahun 2000, pengguna internet hanya sekitar 2 juta, sekarang mencapai 55 juta. Wow! 

  Menjamurnya toko online disebabkan oleh beberapa faktor. Dengan modal, risiko, dan biaya operasional yang rendah, toko online bisa menjaring jutaan pelanggan. Hm, siapa yang tidak tergiur? Pemilik toko online pun lebih fleksibel mengatur waktu dibandingkan pemilik toko offline.

Edward Killian Suwignyo


Kepada pemilik toko online, QQ menyarankan agar bergabung dengan situs jual beli online yang telah dipercaya. Di Multiply sendiri, misalnya, pemilik toko online akan mendapatkan banyak kemudahan antara lain, lebih gampang mendapatkan jaminan trust dari calon pembeli, tidak melakukan site maintenance, tidak usah khawatir terhadap virus hacking, dan tentu saja tidak perlu memikirkan integrasi payment. Berbeda dengan berjualan online via Facebook atau BlackBerry Grup. Masalah yang paling sering dikeluhkan adalah kesulitan mengecek pembayaran. Kalau bergabung dengan situs jual beli online, hal ini tidak akan terjadi.  

Anita, salah satu pemilik toko online www.faustasyandana.multiply.com, mengamini hal tersebut. Dia mengemukakan kemudahan-kemudahan yang didapat setelah bergabung dengan Multiply. Bisnisnya semakin maju. Penjualannya meningkat dari waktu ke waktu.

Sebaliknya, bagi yang hendak berbelanja online, QQ menyarankan agar tidak ragu atau malu untuk bertanya sebelum membeli. Perhatikan garansi pembelian, layanan pelanggan, promosi menarik atau tidak (banyak barang bagus berharga murah, misalnya), dan alternatif cara pembayaran.

Hm, beranjak siang, diskusi tambah seru! Sepertinya acara Smart Talk bukan cuma oke untuk para supermoms, deh, tapi juga superdads! Banyak, kan, superdads yang suka belanja online hihihi. Biar tetap semangat, sesekali saya menyeruput nikmat avocado coffee yang disajikan oleh waitress Coffee Cabin yang ramah. 

Foto: Fitri Rosdiani


Last but not least, Yuditia Hendrawarman, Brand Management Manager and Digital Marketing Smartfren, mengatakan, sebaiknya internet digunakan untuk belajar hal-hal baru, berkomunikasi, melakukan jual beli online, dan hal-hal positif lainnya. Setuju banget! 

Yuditia Hendrawarman

Oiya, selama acara, koneksi inet benar-benar lancar jaya! Pastinya berkat dukungan dari Smartfren. Acara juga dimeriahkan dengan aneka games berhadiah keren. 





Alhamdulillah, saya menjadi salah satu pemenang dan beruntung mendapatkan hadiah USB Modem WiFi EVDO Rev.B Smartfren DF79B. Asyiknya, nanti saya bisa nge-net ramai-ramai bareng teman-teman. Soalnya, pancaran sinyal WiFi modem bisa dikoneksikan hingga ke lima pengguna!



 Acara yang selesai pukul 13.00 ini, diakhiri dengan sesi foto bersama teman-teman dari Kumpulan Emak2 Blogger, yakni Sumiyati Sapriasih, Fitri Rosdiani, Shinta Ries, Setyaningsih Endri, dan Fadlun Arifin. 


Bersama Kumpulan Emak2 Blogger

Senangnya bisa merayakan Hari Ibu dengan kopdar dan menimba ilmu. Pulangnya pun membawa goodie bag cantik dari semua pihak sponsor. Kami berharap, di masa mendatang, Superkids Indonesia mengadakan acara Smart Talk lagi dengan topik lain yang tentunya lebih menarik. Ditunggu, ya! [] Haya Aliya Zaki

21 komentar:

  1. waah .. talkshow yang menarik nih. Saya juga mulai sering menggunakan fasilitas belanja online saat ini, khususnya untuk belanja gadget dan asesorisnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas Iwok. Superdads juga seneng belanja online, ya. Ngiler2, deh, liat barang-barang kalo lagi window shopping. :D

      Hapus
  2. Aku biasanya belanja jilbab dan baju *pengakuan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, aku juga suka, Fit. Beberapa baju n jilbabku hasil belanja online. :D *bikin pengakuan juga*

      Hapus
    2. Sama. Aku juga. Habis, suka nggak tahan lihat produk fashion yang ditawarkan via online. Keren-keren. hihihihi....

      Hapus
  3. Suamiku juga sesekali suka belanja online, katanya hemat waktu dan tenaga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Kak Wiek. Tinggal nunggu barangnya aja nyampe rumah. :)

      Hapus
  4. Aku lebih senang belanja buku ^_^. Eh ngomong-ngomong kopinya menggiurkan, tuh. :) Yuk kita nongkrong di sana. ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Dyah. Apalagi suka ada diskon-diskon gitu, ya. :D Eh, yuk, ke Coffee Cabin, minuman n makanannya syedaph banget! :D

      Hapus
  5. wah Haya curang saya nggak diajak #nangis guling-guling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyaaa hahaha ... kapan-kapan pasti ada Smart Talk lagi, Ayah. :D Ppukpuk Ayah*

      Hapus
  6. wahh keren, skalian kopdar dapet ilmu juga ya? seru :D
    salam

    BalasHapus
  7. Iya, bener, Mas. Dan, acaranya bertabur hadiah juga. :D Terima kasih sudah mampir. :)

    BalasHapus
  8. Barang2 onlen sering lebih unik dtpd di toko loh.. Sy suka yg berbau etnik.. Biasanya justru lbh lgkp klo beli scr onlen.. Btw baru skali ini mampir ksini mb..nice :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak. Aku juga pernah beli gelang n kalung etnik dari toko online. Makasih dah mampir, Mak. :)

      Hapus
  9. aiiih ngiriii sama hadihnyaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi *usap-usap modem sambil melet-melet*

      Hapus
  10. dapet modem euy...nebeng koneksi donk mba hay :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi boleh, boleh. Bisa banyak nih, Yu. :D

      Hapus
  11. Hai Mba Haya, salam kenal yah.. Perkenalkan mba, aku Anita-Faustasyandana yang kemarin juga datang sebagai salah narasumbernya di kodpar kemarin.. senengnya yah bisa kopdaran dan banyak juga Ilmu yang didapat dan dapat hadiahnya juga.. hehehhe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, hai! Salam kenal Mbak Nita. ^_^ Iyah, blognya cantiiikkkk. Mudah-mudahan kapan-kapan bisa kopdar lagi. Sukses bisnisnya, ya. Makasih dah mampir. :D

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan