Sabtu, 22 September 2012

Melatih Anak Berpuasa

Tulisan ini dimuat di majalah Parents Indonesia rubrik Parents to Parents. Majalah Parents Indonesia adalah majalah bulanan. Biasanya, setiap bulan mereka akan menulis status berupa pertanyaan di Facebook http://www.facebook.com/parentsindonesia. Kita tinggal menjawab status mereka. Jawaban yang terpilih, akan dimuat di majalah. Tulisan ini tidak diberikan honor, melainkan hadiah berlangganan majalah Parents Indonesia selama 2 bulan.



Anak-anak saya mulai belajar puasa saat umur 4 tahun. Ikut sahur, buka puasa pukul 09.00 pagi. Lanjut puasa lagi, buka pukul 13.00. Lanjut puasa lagi, buka puasa bersama saat maghrib. Kalau sudah "berhasil", tahun depan mulai puasa setengah hari. Supaya anak-anak bersemangat puasa, saya punya cara andalan. 

Saya menggambar pohon di atas karton besar. Istilahnya, Pohon Cinta. Pohon itu ditempel di tembok. Pada rimbunan daun pohon, ditempeli macam-macam hadiah. Jumlahnya 30 buah untuk masing-masing anak, sesuai dengan jumlah hari berpuasa. Ada pensil, penghapus, permen, dan lain-lain. 

Setiap mereka "berhasil" menunaikan ibadah puasa, mereka boleh mencomot satu hadiah. Acara ini menjadi acara yang ditunggu anak-anak setelah kami berbuka puasa dan salat magrib. Mereka tertawa-tawa dan senang sekali saat mengambil hadiah yang mereka suka. 

Anak sulung saya, Faruq, sekarang berusia 9 tahun. Dia sudah terlatih puasa dan tidak perlu disuruh-suruh lagi. Namun, tradisi Pohon Cinta masih berlanjut untuk adik-adiknya.  [] Haya Aliya Zaki

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih, Mbak. Sukses buat Mbak juga.:)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir, Mbak. Saya terinspirasi dari teman saya juga ini sebenarnya.:)

      Hapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan