Selasa, 21 Februari 2012

[Resensi Koran Jakarta] Mengungkap Realitas dengan Sudut Pandang Humor


Resensi ini dimuat di Koran Jakarta tahun 2008. Kirim resensi Anda ke Rubrik Perada e-mail opinikoranjakarta@gmail.com dan opinikoranjakarta@yahoo.co.id.

Syarat tulisan:
1.       Panjang  4.000 karakter (dengan spasi)
2.      Orisinal
3.      Komprehensif dalam mengupas
4.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
5.      Menggunakan logika bahasa yang mudah dicerna
6.      Tidak salah ketik
7.      Menyertakan kutipan-kutipan buku
8.      Menyertakan cover buku
9.      Terbit paling lama setahun sebelumnya.


 Jangan lupa menyertakan:

1. Kartu Identitas (KTP)
2. Nomor kontak yang dapat dihubungi
3. Foto diri
4. Nomor rekening
5. Pendidikan terakhir.

Judul buku : Talk About Hape (kartun Benny & Mice)
Cerita & gambar : Benny Rachmadi dan Muh Misrad
Penerbit : Nalar
Cetakan : II, 2008
Hal : vi + 106 hal




Komik bukan hanya bacaan anak-anak. Komik juga milik para remaja, dewasa, bahkan orang tua. Tahun 70-an, iklim pertumbuhan komik lokal sangat menggembirakan.  Namun, kini, sepertinya sensasi itu telah padam.


Benarkah komik lokal tinggal nama? Lihatlah, betapa komik-komik impor meraja sepanjang mata memandang. Derasnya arus komik-komik impor (kebanyakan berasal dari Amerika dan Jepang) yang masuk, seperti sudah tak terbendung. Gambar dan alur ceritanya, tentu  banyak yang kurang sesuai dengan budaya dan adat istiadat bangsa kita. 

Kehadiran buku-buku Benny & Mice membawa angin segar bagi dunia komik Indonesia. Komik hasil rekaan Benny Rachmadi dan Muh. ’Mice’ Misrad (keduanya sarjana desain grafis IKJ), yang berjudul Talk About Hape ini ternyata mampu menyedot perhatian pembaca komik negeri. 

 Talk About Hape. 

Sungguh, judul yang menarik dan menggelitik. Ya, siapa yang tak tahu hape? Hape (telepon genggam), semakin gencar diperbincangkan belakangan ini.  Hape, bukan lagi barang langka dan dianggap mewah. Hampir semua orang memiliki benda mungil  ini. Jangan kaget jika melihat penarik beca dan pemulung punya hape. Pemandangan para remaja bahkan anak-anak SD yang asyik  mengobrol lewat hape atau tekun ber-SMS. Kalau dahulu kartu kredit bersemboyan ”Don’t leave home without it”, rasanya sekarang slogan itu lebih cocok untuk hape, demikian celoteh Benny & Mice pada halaman awal. Keluar rumah tidak membawa hape, rasanya seperti terputus dengan dunia luar. Hm, benarkah?

 Pembaca, di buku Talk About Hape, Benny & Mice merekam segala peristiwa dan serba-serbi polah masyarakat yang berhubungan dengan  hape. Saat membacanya, Anda akan langsung merasa semua kejadian yang tertuang dalam buku ini begitu dekat dengan keseharian Anda. Sangat realistis dan mengena. Oleh karenanya,  komik ini menjadi mudah dicerna. Coba tilik beberapa topik seperti: ’memburu’ pulsa yang (hanya) lebih murah seribu perak ke toko penjual pulsa meskipun jaraknya lumayan jauh dari rumah Anda, hunting nomor kartu perdana yang unik (istilah bekennya, nomor cantik),  rela bergadang agar bisa memanfaatkan free talk, apesnya bila sedang bokek pulsa,  atau lari terbirit-birit keluar dari kamar mandi hanya untuk menjawab panggilan hape.

Benny & Mice juga mengkritik. Dengan cerdik mereka membidik fenomena ’perang tarif’ yang dilakukan para operator telepon seluler dan sering membingungkan masyarakat. Tak jarang kita dengar, alih-alih untung, sebagian masyarakat malah merasa dirugikan oleh promosi tarif tersebut. Kemudian di topik lain, kalimat ’ketik reg spasi kirim ke…’ yang sangat akrab di telinga kita akhir-akhir ini, juga tak luput dari coretan garis kedua kartunis ini. Benny & Mice mengajak para pemakai hape agar waspada dan tidak gampang terbujuk iklan layanan SMS yang sedang marak. 

 Namun, jangan khawatir, kritikan Benny & Mice jauh dari sindiran nyinyir dan menggurui. Asal Anda tahu, dalam sketsa Benny & Mice, tidak ada yang ditambah-tambahi atau dikurang-kurangi agar para tokoh kartun terkesan sebagai ’sosok yang arif dan bijak’. 

Lalu, apa yang membuat komik ini menjadi sangat istimewa? Hm, ini rahasianya … semua realitas yang diungkap oleh Benny & Mice, dilihat dari sudut pandang yang berbeda yaitu, sudut pandang humor. Maka, tidak berlebihan bila komik Benny & Mice 'ditahbiskan' sebagai komik dewasa yang kocak, jujur, merakyat, dan tidak sok pintar. [] Haya Aliya Zaki

16 komentar:

  1. dikirimnya kemana bun? alamat maksudnya..

    BalasHapus
  2. Alamat e-mail. Ada paling atas saya tulis.

    BalasHapus
  3. makasih infonya mbak..
    izin kopas buat nyimpen di blog saya ya.. :) saya sebutkan sumbernya

    BalasHapus
  4. Sekedar nyumbang info bahwa sementara ini email rubrik gagasan dan perada koran jakarta pindah ke opinikoranjakarta@gmail.com atau opinikoranjakarta@yahoo.co.id. Lebih jelasnya bisa dilihat di web Koran Jakarta langsung. Trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas infonya. Betul sekali. Akan saya ubah. :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. Ini postingan lama, Mak Sayang. :)

      Hapus
  6. Terima kasih informasinya, Mak Haya, ingin suatu hari mencoba :.

    BalasHapus
  7. Aku suka bgt benny and mice hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, saya juga. Punya bukunya beberapa. :D

      Hapus
  8. sayang pecah kongsi ya mereka, jadi masing-masing membuat kartun sendiri.

    BalasHapus
  9. Mak, aku nyedot ilmu resensi dari sini ya. Mau ikut lomba Maccaroon Love-nya mak Winda. Hehehee.... (elipsis). Thank you

    BalasHapus
  10. mbak, saya juga mau coba ngirim ke korjak, tapi saya belom punya ktp dan rekening, bulan depan baru punya ktp.. apa boleh mengirim atau tunggu bulan depan saja? lantas, bolehkah rekeningnya menumpang punya mama saya? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  11. resensinya asyik banget dibaca mak...like this
    Saya juga suka kartun benny n mice tp ngga punya bukunya..hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan