Minggu, 01 Januari 2012

[Resensi Kompas Anak] Tekad Baja Aufa, Sang Seniman Cilik



Resensi ini dimuat di Kompas Anak, 2010. Kirim resensi buku anak maksimal 200 kata ke: kompas@kompas.co.id. Subjek: [Kompas Anak] + Resensi + Judul Buku. Sertakan scan cover buku, biodata, dan nomor rekening di akhir naskah.


Judul buku : Senandung Hati Bidadari
Penulis : Nunik Utami
Cetakan : I, 2009
Penerbit : DAR! Mizan
Tebal : 128 hal

            Sejak ayahnya sakit-sakitan, Aufa bertekad membantu keuangan keluarga. Pekerjaan ibu sebagai buruh cuci cuma cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari mereka.  Aufa   bekerja menjadi pemarut kelapa di rumah Pak Sulaiman, setiap pulang sekolah.  Uang hasil jerih payahnya ditabung untuk biaya berobat ayah ke dokter.

           Meski hidupnya susah, Aufa selalu ceria. Murid SD Tunas ini rajin berangkat ke sekolah walau hanya bermodal baju lusuh dan kaki beralas sandal. Belajar pun dengan buku pelajaran seadanya.  Aufa juga sangat suka menyanyi. Lagu daerah, lagu nasional, bahkan lagu Barat, dipelajari  dengan baik. Ya, Aufa bercita-cita menjadi seniman hebat!

           Keceriaan Aufa bertambah setelah ia memiliki buku kumpulan lagu modern. Hm … dari mana Aufa mendapatkan buku mahal itu, ya?  Ternyata buku itu buku bekas, tapi kondisinya masih bagus sekali.

          Cobaan silih berganti menimpa Aufa. Tapi dengan tekad baja, Aufa menghadapinya tanpa mengeluh apalagi putus asa. Aufa yang banyak akal selalu berusaha mencari penyelesaian dari setiap masalah. Berhasilkah Aufa mewujudkan cita-citanya menjadi seniman hebat? Apakah ia bisa membawa ayah berobat ke dokter hingga sembuh?
          Kisah dalam buku ini  mengajarkan kita tentang indahnya merajut harapan dan usaha untuk  mewujudkan harapan tersebut menjadi nyata.  Rintangan pasti  ada, namun hadapi semua dengan senyum dan semangat. [] Haya Aliya Zaki

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon maaf, komentar Anonim akan saya hapus. Dilarang copy paste atau memindahkan isi blog. Jika hendak mengutip, harap mencantumkan sumber blog ini. Salam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pagerank Alexa

Iklan